Logo

Pesawat Airbus

Sabtu, 16 Januari 2010 , Posted by Aliviawan Faiz Akbar at 06.12




Pernahkah kamu melihat film yang menampilkan pesawat dengan fasilitas lengkap dan teknologi canggih? Ternyata, itu tidak hanya ada di dalam film saja. Airbus, sebagai salah satu industri pencipta pesawat terbang selalu melakukan pembaruan dalam produk mereka. Apa saja, ya, pesawat mutakhir buatan Airbus?

Airbus merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi udara terbesar di dunia. Nah, untuk mempertahankan posisinya di industri tersebut, Airbus harus terus berusaha untuk menciptakan pesawat baru yang sesuai dengan permintaan pasar dan perkembangan zaman. Airbus memiliki dua jenis pesawat kebanggaan, yaitu A380 dan A400M. Apa saja spesifikasi pesawat-pesawat tersebut, ya?

A380

Pesawat terbang seri A380 ini merupakan salah satu pesawat kebanggaan Airbus. Mengapa? Karena, pesawat ini merupakan pesawat penumpang terbesar di dunia! Tahukah kamu? Perencanaan pembuatan pesawat ini telah ada sejak tahun 1988. Para teknisi Airbus ingin membuat sebuah pesawat yang dapat menampung penumpang sebanyak-banyaknya. Selain itu, mereka juga ingin menandingi dominasi Boeing 747-400 yang saat itu merupakan pesawat terbesar di dunia. Tahun 1994, Airbus mulai merencanakan desain dan teknologi yang akan ada di pesawat yang awalnya diberi nama A3XX ini. Pada 18 Januari 2005, A380 pertama kali diperkenalkan dalam sebuah upacara di Toulouse, Prancis. Penerbangan perdana dilakukan pada 27 April 2005. Pesawat ini melakukan penerbangan trans-Atlantik menuju Medellin, Kolombia, pada 10 Januari 2006.

A380 melayani penerbangan komersial pertama kali dari Singapura menuju Sydney, Australia, pada 25 Oktober 2007. Disusul dengan penerbangan menuju Dubai ke New York pada 28 Juli 2008 dan dari Melbourne menuju Los Angeles pada 20 Oktober 2008.

A400M

Pada 1999, EADS membentuk Airbus Military untuk proyek pembuatan pesawat militer pertamanya. Airbus Military berpusat di Seville, Spanyol. Proyek ini dikerjakan oleh tujuh negara, yaitu Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Turki, Belgia, dan Luksemburg.

Pesawat yang dinamai A400M ini direncanakan akan menggantikan pesawat Hercules yang biasanya digunakan angkatan udara Eropa untuk keperluan militer. Terdaftar, 8 negara telah memesan pesawat ini, salah satunya adalah Malaysia. Total pesanan mencapai 180 unit. Sebagai pesawat militer, A400M harus memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pesawat penumpang biasa. Karena, pesawat ini digunakan untuk mengangkut ribuan pasukan atau kendaraan perang seperti tank.

Pesawat yang berharga 100 juta dollar AS (sekitar Rp918 miliar) ini dapat terbang setinggi 12.000 meter dan dapat mendarat di landasan pendek dan tidak mulus. Baling-balingnya berkekuatan 11.000 tenaga kuda. Pesawat ini juga memiliki mesin paling kuat yang dibuat di luar Rusia.

Namun, kabarnya, pengerjaan proyek ini mengalami banyak hambatan. Walaupun telah melakukan uji coba pertama kali pada 11 Desember 2009, pesawat ini masih di luar harapan. Hambatan teknis ini membuat proyek pengerjaan membutuhkan dana yang lebih besar dan waktu yang lebih lama lagi. Tujuh negara Uni Eropa yang mengerjakan proyek A400M ini masih terus mengusahakan agar pengerjaan pesawat tersebut dapat rampung. Juga, dapat segera didistribusikan ke negara-negara yang telah mengucurkan dananya demi kelanjutan proyek ini. Walaupun, memang, akan terjadi penundaan pengiriman hingga tahun 2013.


Sumber: berani.co.id

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar